Senin, 28 Februari 2011

Perbedaan GUI dan CLI



Jenis-jenis siten operasi berbasis GUI
                Seperti pada sistem operasi yang dapat digunakan pada PC sistem operasi jaringan juga Bermacam macam,pemilihan sitem operasi harus di sesuaikan dengan kebutuhan baik hardware program yang akan dipakai maupun User yang akan menggunakan sistem.
            Microsoft windows NT, windows 2000 server dan windows 2003 server merupakan sisten operasi jaringan yang dikembangkan oleh perusahaan microsoft dengan lisiensi komersial. Selain microsoft perusahaan yg mengembangkan sistem operasi jaringan yaitu UNIX,SUN SOLARIS,MACINTOSH
            Salah satu SOJ yang dikembangkan secara gratis adalah LINUX. Linux dikembangkan pertama kali oleh Linus torvalds , linux mengusung OPEN SOURCE dengan lisensi GNU/GPL (General pabrik Licensi)   yaitu suatu lisensi dimana pemilik program tetap memegang haknya tapi orang lain dimungkinkan untuk menyebarkan memodifikasi atau bahkan menjual kembali program tersebut tetapi dengan syarat Source Kolde asli  dan hak cipta harus di ikut sertakan dalam distribusiny. Dalam konsep ini semua orang dapat ikut mengembangkan sisten operasi dan software berbasis linux.Dengan lisiense GNU/GPL linux menjadi salah satu SO yang mengalami perkembangan yang sangat cepat karena linux dikembangkan oleh komunitas pengguna SO open source, kelemahan SO atau  sering disebut dengan “bug” yang akan segera di perbaiki oleh komunitas  pengguna linux dan dapat langsung d distribusikan dengan free dengan demikaian SO linux menjadi SO yang up to date.



» Thanks for reading: Perbedaan GUI dan CLI
Author: COret-COret |^^|

Jangan pernah takut sebelum mencobanya dan jangan pernah berhenti sebelum berhasil (KEDIA SOFT).

0 komentar: